Bea Cukai Sorong Berikan Apresiasi Kepada Mitra Kerja atas Penganugerahan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Tingkat KEMENPAN-RB dan Peluncuran Aplikasi BcSOQ

Bertempat di Lobby KPPBC TMP C Sorong pada hari Selasa 17 Desember 2019 Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sorong melaksanakan acara Apresiasi Mitra Kerja atas Penganugerahan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Tingkat KEMENPAN-RB dan Peluncuran Aplikasi BcSOQ. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur dan bentuk apresiasi kepada seluruh mitra kerja strategis atas Penganugerahan WBK tingkat KEMENPAN-RB.

Seminggu yang lalu, tepatnya 10 Desember  2019 merupakan hari yang bersejarah bagi  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Sorong. KPPBC TMP C Sorong yang di wakili oleh Bapak Bambang Eko Prawinstyono Selaku Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sorong bersama 600 undangan lain dari seluruh instansi di Indonesia, 26 diantaranya satuan kerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai,  menghadiri sebuah acara yang juga dihadiri wakil presiden. Acara tersebut adalah  apresiasi penghargaan penganugerahan kantor berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) di Jakarta.

Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBk/WBBM) dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas. hal ini bertujuan agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik

Penetapan Zona Integritas  WBK tersebut tentu saja sebuah pencapaian yang membanggakan, dan bisa diperoleh tidak dengan mudah. Perjuangan harus dilakukan dengan mengerahkan segala daya dan upaya dan tentu saja semangat pantang menyerah. Perlu diketahui bahwa ini adalah upaya KPPBC TMP C Sorong yang kedua untuk mendapatkan pengakuan sebagai zona integritas WBK di tingkat KEMENPAN RB, karena pada tahun  2017 KPPBC TMP C Sorong telah mendapatkan predikat serupa di tingkat kementerian keuangan namun belum berhasil mendapatkan pengakuan di tingkat KEMENPAN RB.

Prestasi Ini adalah pencapaian dan penghargaan communal bagi seluruh insan mulai dari kepala seksi, kepala subseksi, pemeriksa, pelaksana, para pegawai CPNS, On Job trainer sampai pramu graha dan tenaga keamanan. Tanpa partisipasi dan keterlibatan mereka secara sungguh-sungguh maka pencapaian ini hanya akan sekedar menjadi khayalan.

Untuk itu pada acara Apresiasi Mitra Kerja atas Penganugerahan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Tingkat KEMENPAN-RB dan Peluncuran Aplikasi BcSOQ disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya Oleh Bapak Bambang Prawinestyono kepada mitra kerja strategis yang telah mendukung secara penuh dengan memberikan penilaian yang sangat baik pada saat survey oleh  Biro Pusat Statistik Kota Sorong. Tanpa dukungan kepercayaan mitra kerja strategis maka piagam WBK yang didapatkan hanya mimpi tanpa kenyataan.

Tetapi yang lebih penting dari itu semua adalah menjaga kepercayaan. Moment ini akan menjadi tonggak untuk semakin membulatkan tekad agar pada masa depan semakin tertantang untuk meningkatkan kualitas layanan.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua Rustam Efendi selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal hadir dalam acara Apresiasi Mitra Kerja Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C atas Penganugerahan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tingkat Kemenpan-RB dan Peluncuran Aplikasi BcSOQ. Rustam Efendi mengucap syukur dan turut berbahagia juga bangga terhadap pencapaian WBK tingkat Kemenpan-RB yang telah diraih oleh KPPBC TMP C Sorong. Beliau menambahkan, pada tahun 2017 KPPBC TMP C sudah pernah mengikuti WBK hingga mencapai tingkat kementerian namun belum berhasil menembus level nasional.

Hadir sebagai perwakilan Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua, beliau menyampaikan, “kita boleh bangga pada predikat WBK, namun predikat ini diharapkan tidak hanya bersifat dokumentatif saja, tentu saja komitmen dan konsistensi substansinya itu yg penting”.

Dalam tahap pencapaian predikat WBK, terdapat enam area perubahan diantaranya mindset yang kuat, SDM yang baik, SOP yang benar, akuntabilitas yang nyata, serta pengawasan yang mumpuni. Selain 6 (enam) area perubahan pada WBK, proses pencapaian predikat WBK juga melewati survei oleh Badan Pusat Statistik Kota Sorong. Proses survei tersebut meliputi kualitas layanan publik hingga tingkat indeks korupsi dari unit kerja KPPBC TMP C Sorong.

Melalui peran setiap mitra kerja strategis dalam setiap proses bisnis yang ada di unit kerja KPPBC TMP C Sorong, dapat menjadi alat kontrol serta indikator dengan menyampaikan kekurangan dan perbaikan melalui sistem yang telah ada. Perlu disampaikan bahwa dalam upaya meningkatan pelayanan dan pengawasan pada KPPBC TMP C Sorong maka diperlukannya suatu system yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada.  Sistem  tersebut berisi mekanisme pengaduan maupun apresiasi kepada pelayanan yang telah diberikan oleh petugas. Hal tersebut penting dilakukan mengingat mekanisme pengaduan maupun apresiasi yang dilaksanakan masih tidak sepadan dengan kemajuan teknologi informasi. Dengan mengadopsi teknologi informasi, maka diharapkan pelaksanaan pengaduan maupun apresiasi dapat dilaksanakan lebih mudah, cepat, dan lebih tanggap.

Atas dasar hal-hal tersebut diatas, maka KPPBC TMP C Sorong menginisiasi dan membuat sebuah aplikasi berbasis android yang diberi nama BcSOQ (Bea Cukai Sorong Quick Respon). Aplikasi ini menyediakan informasi terkait gambaran umum KPPBC TMP C Sorong, layanan mandiri, alur pelayanan, pengaduan dan apresiasi pegawai. Dengan hadirnya aplikasi ini maka proses pengaduan dan apresiasi yang selama ini dilaksanakan secara konvensional akan digantikan melalui media elektronik berbasis android sehingga diharapkan mampu meningkatkan kepuasam  pelayanan sekaligus memberi ruang bagi partisipasi publik di era keterbukaan. Diharapkan adanya dukungan dari mitra kerja strategis maka dapat memperbaiki dan membangun bersama-sama organisasi pemerintahan yang bersih. Pada akhirnya dengan semua pencapaian yang telah diraih dapat meujudkan harapan KPPBC TMP C Sorong bisa lebih baik lagi ke depannya.

Category:
Uncategorized

Leave a Comment