Bea Cukai Sorong Hadapi Tantangan Akselerasi Ekspor Komoditas Papua Barat

Dalam menghadapi tantangan target peningkatan Akselerasi Ekspor Komoditas dari Papua Barat, maka telah dilaksanakan rangkaian agenda kegiatan kehumasan, sosialisasi, dan koordinasi terkait akselerasi realisasi ekspor melalui KPPBC TMP C Sorong dalam kurun waktu bulan April sampai dengan bulan Mei ini di Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong. Kegiatan tersebut diawali dengan koordinasi antar Instansi yang berkaitan langsung dengan fasilitas sarana prasarana dan komoditas daerah yang memiliki potensi ekspor. Setelah dilakukan koordinasi dan komunikasi didapatkan data komoditas-komoditas dan pelaku usaha yang dinilai memiliki potensi untuk dapat didorong melaksanakan kegiatan ekspor.

KPPBC TMP C Sorong melakukan kunjungan dan sosialisasi dalam rangka memelihara niat dan menjaga hubungan yang baik terhadap pelaku usaha yang memiliki potensi untuk melakukan kegiatan ekspor. Pelaksanaan kunjungan dan sosialisasi dilakukan kepada pelaku usaha yang berdomisili di Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong.

Komoditas yang menjadi target sosialisasi adalah komoditas pertanian dan komoditas perikanan yang merupakan hasil utama dari Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong yang memiliki nilai jual dan memiliki kualitas yang mumpuni untuk diekspor. Dalam kunjungan tersebut dihimpun informasi yang didapat berupa keluhan dan kekhawatiran pelaku usaha terhadap resiko dan hambatan yang dihadapi jika harus ekspor. dari Informasi-informasi tersebut dikomunikasikan dan dicarikan jalan keluar melalui koordinasi antara KPPBC TMP C Sorong dengan Pemerintah Daerah dan instansi-instansi yang terkait.

Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Realisasi Ekspor di wilayah pengawasan KPPBC TMP C Sorong antara lain :

•           Ikut serta dalam Rapat Koordinasi di Kantor Bupati terkait Akselerasi Ekspor Produk Pertanian Provinsi Papua Barat (12 April 2019)

•          Ikut serta dalam Talkshow Penguatan Sinergitas Mendukung Akselerasi Ekspor Produk Pertanian Provinsi Papua Barat (15 April 2019)

•           Kunjungan koordinasi pada Karantina Pertanian (22 April 2019)

  • Kunjungan sosialisasi pada SN Cargo (24 April)

•          Kunjungan soliasisasi terhadap PT Tuju Kuda Hitam Sakti yang merupakan Pelaku  Usaha di Bidang Pertanian Di Kabupaten Sorong ( 24 April, 2 Mei, 13 Mei 2019)

•           Kunjungan sosialisasi terhadap CV Chandra Halim yang merupakan salah satu Pelaku Usaha di Bidang Perikanan di kabupaten Raja Ampat ( 27 April 2019)

•          Kunjungan sosialisasi dengan Anggota ALFI (3 Mei 2019)

 

•          Kunjungan Koordinasi dengan Pelindo (17 Mei 2019)

•          Kunjungan soliasisasi terhadap Pelaku  Usaha Perorangan di Bidang Perikanan di Kota Sorong ( 17 Mei 2019)

  • Kunjungan koordinasi Stasiun Karantina Ikan Kelas II Sorong ( 20 Mei 2019)

•          Kunjungan Koordinasi dengan Dinas Perikanan Kota Sorong (20 Mei 2019)

Category:
Uncategorized

Leave a Comment