Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang Republik Indonesia ke-71

Sorong (30/10/2017), telah dilaksanakan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang Republik Indonesia yang ke-71 dengan tema “Kerja Nyata Membangun Negeri” di Lapangan Kompleks Gedung Keuangan Negara Sorong dengan kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Papua, Patmoyo Tri Wikanto bertindak sebagai pembina upacara dan diikuti seluruh jajaran pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan di Kota Sorong.

Pada amanat yang disampaikan, Pembina upacara menyampaikan sambutan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pada sambutan yang disampaikan, Sri Mulyani menyampaikan terdapat pertumbuhan perekonomian dunia yang membaik di tahun 2017 sehingga membuka peluang peningkatan aktivitas ekspor dan investasi di Indonesia. Untuk itu, Sri Mulyani mengharapkan jajarannya untuk tetap menjaga pelaksanaan APBN 2017 yang tinggal dua bulan lagi, terutama jajaran Pajak, Bea Cukai dan PNBP agar target penerimaan negara sebesar Rp 1.736,1 Triliun dapat tercapai. Selain itu juga disampaikan bahwa APBN tahun 2018 telah mendapatkan persetujuan DPR pada tanggal 25 Oktober 2017. APBN tahun 2018 ini dibuat berdasarkan asumsi makro tahun 2018 diantaranya pertumbuhan ekonomi 5,4%, inflasi 3,5%, nilai tukar rupiah 13.400 per US Dollar, suku Bungan SPN 5,2%, harga minyak 48 US$ per barel, lifting miyak bumi diperkirakan mencapai 800 ribu barel per hari dan lifting gas bumi 1,2 juta barel per hari, Pendapatan negara pada tahun 2018 diperkirakan sebesar Rp 1.894,2 triliun dan belanja negara sebesar Rp2.220,7 triliun.  Kualitas Belanja negara ini diarahkan untuk pengurangan kemiskinan dan kesenjangan.

Pada akhir sambutan, Sri Mulyani menyampaikan penghargaannya atas berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan hari Oeang ke-71 serta mengharapkan bahwa seluruh elemen masyarakat perlu mengawal belanja negara dimanapun berada.

Category:
Uncategorized

Leave a Comment